Speed : Journal of Special Education
Vol 2 No 1 (2018)

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SELF-DIRECTED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA PADA ANAK TUNAGRAHITA KELAS IV DI SLB PANCA BAKTI SURAKARTA

Dyta Puspitasari (Universitas Sebelas Maret Surakarta)
Gunarhadi Gunarhadi (Universitas Sebelas Maret Surakarta)
Mohammad Anwar (Universitas Sebelas Maret Surakarta)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengggunaan model pembelajaran Self-Directed learning terhadap prestasi belajar IPA pada anak tunagrahita kelas IV di SLB Panca Bakti Surakarta.Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen bentuk pre-experimental desain one group pre test-post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SLB Panca Bakti Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SLB Panca Bakti Surakarta tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 6 orang siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah sampling jenuh karena jumlah populasi subjek kecil dan seluruh populasi dijadikan sebagai sampel. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes objektif yang berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis non-parametrik yaituWilcoxon Signed Rank Test (Tes Rangking Bertanda Wilcoxon) dengan menggunakan program SPSS 23. Hasil analisis deskriptif diperoleh nilai rata-rata posttest lebih besar dari pada nilai pretest yaitu 46,5 menjadi 70,8. Hasil analisis non parametrik diperoleh nilai Z hitung = -2,220 b dengan Asymp. Sig. (2-tailed)= 0,026 pada taraf signifikansi α= 0,05. Dengan demikian, hipotesis dapat diterima kebenarannya. Hasil penelitian menyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran self-directed learning berpengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar IPA pada anak tunagrahita kelas IV di SLB Panca Bakti Surakarta tahun ajaran 2017/2018.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

speed

Publisher

Subject

Education Environmental Science Social Sciences

Description

SPEED Journal : Journal of Special Education is a multidisciplinary publication presenting primary research and scholarly reviews related to special education. SPEED Journal : Journal of Special Education provides research articles and scholarly reviews on special education for individuals with mild ...