Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Vol 5, No 1 (2018): JURNAL INOVASI DAN PEMBELAJARAN FISIKA

MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING

Rudi Aswadi (Unknown)
Noor Fadiawati (Universitas Lampung)
Abdurrahman Abdurrahman (Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan metakognisi siswa SMA kelas X pada pembelajaran fisika. Materi fisika yang diajarkan adalah pokok bahasan tentang gerak harmonik sederhana dengan menggunakan lembar kerja siswa (LKS).  Penelitian ini termasuk dalam penelitian quasy experimental, dengan desain the matching-only pretest-posttest control group.  Penelitian ini melibatkan 72 siswa SMA kelas 10 di Provinsi Lampung.  Seluruh siswa yang terlibat dibagi dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kedua kelas diberikan pembelajaran fisika menggunakan LKS, kelas eksperimen menggunakan LKS berbasis inkuiri, sedangkan kelas kontrol menggunakan LKS produk dari suatu penerbit.  Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah melakukan pretes dan postes kemampuan metakognisi dengan menggunakan instrumen soal.  Setelah nilai dihasilkan, maka dilakukan uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan dua rata-rata pretes, uji perbedaan rata-rata postes, perhitungan n-gain, dan effect size. Hasilnya menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan metakognisi kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol.  Hal ini ditunjukkan oleh: (1) Hasil postes kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, rata-rata kemampuan metakognisi kedua kelas adalah 75,56 dan 50,23; (2) Uji beda dua rata-rata skor postes menunjukkan perbedaan yang sangat signifikan dengan p-value 0,000; (3) Rata-rata n-gain dari kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, n-gain dari kedua kelas adalah 0,69 dan 0,37; dan (4) Perhitungan effect size adalah 0,90 masuk dalam kategori large.  Berdasarkan perhitungan ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran fisika menggunakan LKS berbasis inkuiri terbimbing pada materi gerak harmonik sederhana, efektif meningkatkan kemampuan metakognisi siswa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jipf

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika (JIPF) is a peer-reviewed journal that is managed by Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sriwijaya and published by Program Sarjana Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sriwijaya. JIPF is published ...