JOURNAL OF CHEMISTRY AND EDUCATION (JCAE)
Vol 1 No 2 (2017): JCAE EDISI DESEMBER 2017

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN HIBRID TIPE TRADITIONAL CLASSES – REAL WORKSHOP (TC-RW) BERBANTUAN CHEMSKETCH TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI BENTUK MOLEKUL KELAS X SMA NEGERI 2 BANJARMASIN

Alfi Syahrin (Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat)
Mahdian Mahdian (Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat)
Iriani Bakti (Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: perbedaan motivasi belajar, hasil belajar (kognitif, afektif, psikomotor), dan respon siswa antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Hibrid tipe TC-RW dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran DI pada materi bentuk molekul. Penelitian ini menggunakan rancangan pretest-posttest nonequivalent control group design. Sampel penelitian sebanyak 64 siswa, yaitu kelas X MIA 4 sebanyak 31 orang dan X MIA 6 sebanyak 33 orang. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar kognitif, observasi, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis inferensial (uji normalitas, uji homogenitas, uji-t dan anakova) dan analisis deskriptif (N-gain). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Hibrid tipe TC-RW lebih tinggi dibandingkan siswa yang menggunakan model pembelajaran DI pada materi bentuk molekul. Hasil belajar juga menunjukkan antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Hibrid tipe TC-RW dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran DI pada materi bentuk molekul. Siswa memberikan respon yang lebih positif terhadap model pembelajaran Hibrid tipe TC-RW pada materi bentuk molekul.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jcae

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil penelitian tentang pendidikan dan pembelajaran dalam bidang kimia serta penelitian kimia yang meliputi kimia analitik, kimia organik, biokimia, kimia anorganik serta kimia ...