Jurnal Inovasi Pendidikan


PENGEMBANGAN BUKU AJAR KONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SUBTEMA LINGKUNGAN TEMPAT TINGGALKU DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Utami, Yulia Pratiwi (Unknown)
Purnomo, Mulyadi Eko (Unknown)
AR, Aisyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan bertujuan untuk menghasilkan buku ajar kontekstual yang valid, praktis, dan mempunyai efek potensial terhadap hasil belajar. Prosedur penelitian menggunakan model pengembangan Rowntree, yang terdiri dari tiga tahap yaitu: perencanaan, pengembangan, dan evaluasi. Tahap evaluasi menggunakan model evaluasi formatif Tessmer yang terdiri dari lima tahap, yaitu: self evaluation, expert review, one-to-one evaluation, small group evaluation, dan field test. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 3 Muaradua. Penelitian ini dinyatakan valid karena expert review menyatakan buku ajar yang dikembangkan layak untuk digunakan, yang kemudian diujicobakan pada tahap one-to-one evaluation. Pada tahap small group evaluation, hasil angket peserta didik terhadap buku ajar sebesar 77,26% dalam kategori praktis. Hasil field test menunjukkan nilai 81,42 yang dikategorikan baik dan seluruh peserta didik (100%) mencapai nilai KKM yaitu 70. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa buku ajar yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis dan mempunyai efek potensial terhadap hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 0000






Journal Info

Abbrev

sij-inovpend

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Inovasi Pendidikan is an online peer-reviewed journal and aims to provide an international scientific communication forum for researchers, professionals, lecturer, and educational practitioners on all topics related to educational technology. This journal is publish by Educational Technology ...