Penelitian ini adalah penelitian pengembangan bertujuan untuk menghasilkan buku ajar kontekstual yang valid, praktis, dan mempunyai efek potensial terhadap hasil belajar. Prosedur penelitian menggunakan model pengembangan Rowntree, yang terdiri dari tiga tahap yaitu: perencanaan, pengembangan, dan evaluasi. Tahap evaluasi menggunakan model evaluasi formatif Tessmer yang terdiri dari lima tahap, yaitu: self evaluation, expert review, one-to-one evaluation, small group evaluation, dan field test. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 3 Muaradua. Penelitian ini dinyatakan valid karena expert review menyatakan buku ajar yang dikembangkan layak untuk digunakan, yang kemudian diujicobakan pada tahap one-to-one evaluation. Pada tahap small group evaluation, hasil angket peserta didik terhadap buku ajar sebesar 77,26% dalam kategori praktis. Hasil field test menunjukkan nilai 81,42 yang dikategorikan baik dan seluruh peserta didik (100%) mencapai nilai KKM yaitu 70. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa buku ajar yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis dan mempunyai efek potensial terhadap hasil belajar peserta didik.
Copyrights © 0000