Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Vol 5 No 2 (2017)

Upaya peningkatan motivasi dan prestasi belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran jigsaw pada siswa kelas IXB SMP N 9 Yogyakarta

Sumarsih Sumarsih (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)
Pardimin Pardimin (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)



Article Info

Publish Date
07 Sep 2017

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) mengetahui peningkatan proses belajar sains dengan model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan motivasi dan prestasi dalam mata pelajaran sains kelas IXB SMP Negeri 9 yogyakarta (2) Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari Model pembelajaran jigsaw dalam meningkatkan motivasi dan (3) mengetahui efektifitas penerapan model pembelajaran jigsaw dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar kelas sains IXB SMP N 9 Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 9 Yogyakarta pada tahun akademik 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (class action research / PTK) yang dilakukan dalam dua siklus melalui empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data yang terkumpul diperoleh dari instrumen motivasi belajar, prestasi belajar dan data pengamatan di kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sains. Peningkatan motivasi belajar siswa terhadap IPA terlihat dari kenaikan skor, dari 96% siklus I menjadi 100% siklus II, sehingga peningkatan 80% terpenuhi. Peningkatan prestasi belajar dilihat dari hasil pre cycle (27%) sampai post test I (77%). Untuk post test II (82%), peningkatan prestasi belajar juga terlihat dari peningkatan hasil belajar siklus I, 26 siswa menyelesaikan KKM (77%) sampai 28 siswa menyelesaikan KKM (82%).

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

wd

Publisher

Subject

Education

Description

Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan publishes high-quality manuscripts of evaluation, assessment, and measurement in varied instructional settings, including economics, mathematics, physics, vocation, engineering, and linguistics with their own particular phenomena, and ...