Padjadjaran Journal of Dental Researchers and Students
Vol 2, No 2 (2018): Oktober 2018

Pengaruh service quality terhadap kepuasan pasien ekspatriat klinik gigi Bali International Dental Center di Denpasar – Bali

Grace Ayu Prithari (Universitas Kristen Maranatha)
Ignatius Setiawan (Universitas Kristen Maranatha)
Chandra Kuswoyo (Universitas Kristen Maranatha)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2018

Abstract

Pendahuluan : Seiring dengan berkembang pesatnya arus globalisasi dan fenomena Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), jumlah ekspatriat di Pulau Bali meningkat. Para ekspatriat membutuhkan perawatan gigi selama menetap di Pulau Bali. Persaingan ketat di bidang kedokteran gigi menuntut klinik gigi untuk memiliki strategi yang tepat agar dapat bersaing, dan salah satu strategi yang diperlukan adalah menciptakan kepuasan pasien pada klinik gigi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh service quality terhadap kepuasan pasien ekspatriat Klinik Gigi Bali International Dental Center di Denpasar - Bali. Metode: Jenis penelitian analitik. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli - Agustus 2017 pada100 pasien ekspatriat di Klinik Gigi Bali International Dental Center. Analisis data menggunakan uji analisis regresi berganda. Pengolahan data menggunakan program SPSS. Hasil : Uji statistik regresi parsial menunjukkan bahwa variabel Tangibles (X1) berpengaruh sebesar 8,0% terhadap kepuasan pasien, Empathy (X2) berpengaruh sebesar 18,8% terhadap kepuasan pasien, variabel Reliability (X3) berpengaruh sebesar 15,9% terhadap kepuasan pasien, variabel Responsiveness (X4) memiliki pengaruh terhadap kepuasan pasien sebesar 28,5% dan variabel Assurance (X5) berpengaruh sebesar 14,6% terhadap kepuasan pasien. Simpulan: Kepuasan pasien merupakan persyaratan fundamental bagi penyedia layanan kesehatan. Service quality berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien. Variabel tangibles (X1) memiliki pengaruh terkecil terhadap kepuasan pasien, sedangkan variabel responsiveness (X4) memiliki pengaruh terbesar terhadap kepuasan pasien.Kata kunci: Service quality, kepuasan pasien

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

pjdrs

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Dentistry Immunology & microbiology Medicine & Pharmacology Public Health

Description

Padjadjaran Journal of Dental Researchers and Students adalah open access journal berbahasa Indonesia, yang menerbitkan artikel penelitian dari para peneliti pemula dan mahasiswa di semua bidang ilmu dan pengembangan dasar kesehatan gigi dan mulut melalui pendekatan interdisipliner dan ...