WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer
Vol. 1 No. 3 (2019): Juli

Pelatihan Pemasaran Dengan Menggunakan Media Sosial Pada Usaha Penjahit Kebaya Devi Di Kerambitan

Ni Putu Nanik Hendayanti (STMIK STIKOM Bali)
Kadek Dwi Pradnyani Novianti (STMIK STIKOM Bali)
Gde Yoga Hary Sedana (STMIK STIKOM Bali)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2019

Abstract

Usaha penjahit kebaya Ibu Suandewi merupakan sebuah usaha indutri rumah tangga. Mitra telah menjalankan usaha penjahit kebaya kurang lebih 3 tahun. Selama kurun waktu 3 tahun produksi kebaya yang dihasilkan mitra tidak menentu setiap bulannya tergantung dari pesanan pelanggan yang ingin menjahit kebaya, sehingga menyebabkan pendapatan mitra yang tidak menentu. Pelanggan yang dimiliki mitra berasal dari desa tempat tinggal mitra dan ada juga beberapa dari desa disekitar mitra tinggal. Maka dari itu, area pemasaran dari usaha penjahit kebaya Ibu Suandewi tidaklah luas. Berdasarkan hal tersebut, maka tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu ingin membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi mitra dengan melakukan pelatihan pemasaran dengan menggunakan media sosial seperti facebook dan instagram, sehingga dapat membantu mitra dalam hal pemasara penjahit kebaya. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi yang diberikan pada mitra menggunakan kuisioner diperoleh hasil kategori index Sangat Baik dengan nilai index 92,5%, sehingga dapat disimpulkan mitra dapat menggunakan media sosial dengan baik dan lancar untuk memperluas pemasaran dan meningkatkan pedapatan mitra.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

widyabhakti

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer yang memiliki filosofi memberikan pencerahan dalam hal ilmu pengetahuan kepada masyarakat dengan cara mentransfer ilmu pengetahuan dan pengalaman dari sumber literasi ilmiah dengan cara pelatihan dan penyuluhan, sosial, manajemen, peningkatan produksi, product ...