BIORMATIKA : JURNAL ILMIAH FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
Vol. 4 No. 02 (2018): BIORMATIKA

HUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR BAHASA DAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS MAHASISWA UNIVERSITAS BINA DARMA

FITRIA APRILIA (Program Studi Bahasa Inggris Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Bina Darma)



Article Info

Publish Date
12 Oct 2018

Abstract

Gaya belajar bahasa merupakan salah satu isu penting dalam bidang pendidikan. Tujuan dari studi ini adalah untuk mengetahui hubungan antara gaya belajar bahasa dan pencapaian/hasil belajar bahasa Inggris mahasiswa. Kuesioner tentang gaya belajar bahasa diberikan kepada 16 mahasiswa program studi bahasa Inggris di Universitas Bina Darma yang menjadi sampel dalam studi ini. Sementara itu, data tentang pencapaian/hasil belajar bahasa Inggris didapat melalui transkrip nilai (IPK) mahasiswa. Data yang didapat kemudian dianalisis menggunakan Pearson product-moment correlation coefficient. Hasil analisis menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara gaya belajar visual, auditori dengan pencapaian/hasil belajar bahasa Inggris mahasiswa. Selanjutnya, hasil analisis regresi menunjukkan bahwa gaya belajar visual mempengaruhi pencapaian/hasil belajar bahasa Inggris mahasiswa sebesar 77.3%, dan 81.2% untuk gaya belajar auditori. Interpretasi dan implikasi dari hasil tersebut selanjutnya juga dibahas secara mendalam dalam artikel ini.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

FKIP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

BIORMATIKA adalah jurnal ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Subang. Ruang lingkup jurnal ini meliputi bidang Ilmu Pendidikan Matematika, Pedidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Reksreasi serta bidang ilmu pendidikan lainnya. ...