Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
Vol 3 No 1 (2019)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIIG SMPN 10 KOTA BENGKULU

Yusmardi, Bunga (Unknown)
Idrus, Irdam (Unknown)
Rahman, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas VIIG SMPN 10 Kota Bengkulu melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada materi Pencemaran Lingkungan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan metode deskriptif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Subyek penelitian adalah guru dan seluruh peserta didik kelas VIIG SMPN 10 Kota Bengkulu tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 32 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi untuk mengetahui aktivitas guru dan peserta didik, sedangkan lembar tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Data hasil belajar peserta didik dianalisis secara deskriptif dengan mengacu pada ketuntasan belajar secara klasikal. Hasil analisa data observasi aktivitas guru siklus I diperoleh skor rata-rata 28 dengan kriteria baik, pada siklus II meningkat menjadi 32 dengan kriteria baik. Hasil analisa data observasi aktivitas peserta didik siklus I diperoleh rata-rata 27,5 dengan kriteria baik, pada siklus II meningkat menjadi 32 dengan kriteria baik. Hasil analisa hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal 75% dengan kriteria tidak tuntas, pada siklus II mengalami peningkatan  menjadi 87,5% dengan kriteria tuntas. Disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah (PBM) pada materi pencemaran lingkungan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik di kelas VIIG SMPN 10 Kota Bengkulu.Kata kunci:Pembelajaran berbasis masalah, aktivitas, hasil belajar. 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jppb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

This journal focuses on the publication of research results in the field of education and learning biology. Detailed scopes of articles accepted for submission to Diklabio are: 1. Classroom Action Research (CAR) 2. Lesson Study (LS) 3. Res earch and Development (R&D) 4. Curriculum in Biology ...