Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika
Vol 3, No 1 (2019): Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika

PROSES BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA DAN SCAFFOLDINGNYA

Siti Fatimah (SMA Negeri 1 Sumberpucung)
Gatot Muhsetyo (Jurusan Matematika, FMIPA Universitas Negeri Malang)
Swasono Rahardjo (Jurusan Matematika, FMIPA Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2019

Abstract

Hasil tes PISA Indonesia dalam tiga periode terakhir masih menempati posisi sepuluh terbawah. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan matematika siswa Indonesia masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi proses berpikir tingkat tinggi yang dialami siswa SMP dalam menyelesaikan soal PISA sebelum dan saat scaffolding. Penelitian  ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Singosari, Kabupaten Malang, berupa pemberian tes kepada 31 siswa kelas IX, wawancara dan scaffolding. Scaffolding dilakukan dalam rangka melengkapi aspek-aspek yang belum terpenuhi dalam fase-fase berpikir. Dari penelitian ini diperoleh bahwa: (1) Proses berpikir tingkat tinggi siswa dalam menyelesaikan soal PISA, sebelum scaffolding telah memuat ketiga fase yang harus dilalui (fase entry, fase attack, dan fase review) tetapi tidak semua aspek pada setiap fase terpenuhi; (2) Scaffolding telah membantu siswa dalam menyelesaikan soal PISA. Tingkatkan kemampuan guru dalam melakukan scaffolding untuk membantu siswa menemukan aha! dengan lebih cermat terhadap kendala (stuck?) yang dihadapi siswa.

Copyrights © 2019