Hasil tes PISA Indonesia dalam tiga periode terakhir masih menempati posisi sepuluh terbawah. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan matematika siswa Indonesia masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi proses berpikir tingkat tinggi yang dialami siswa SMP dalam menyelesaikan soal PISA sebelum dan saat scaffolding. Penelitian  ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Singosari, Kabupaten Malang, berupa pemberian tes kepada 31 siswa kelas IX, wawancara dan scaffolding. Scaffolding dilakukan dalam rangka melengkapi aspek-aspek yang belum terpenuhi dalam fase-fase berpikir. Dari penelitian ini diperoleh bahwa: (1) Proses berpikir tingkat tinggi siswa dalam menyelesaikan soal PISA, sebelum scaffolding telah memuat ketiga fase yang harus dilalui (fase entry, fase attack, dan fase review) tetapi tidak semua aspek pada setiap fase terpenuhi; (2) Scaffolding telah membantu siswa dalam menyelesaikan soal PISA. Tingkatkan kemampuan guru dalam melakukan scaffolding untuk membantu siswa menemukan aha! dengan lebih cermat terhadap kendala (stuck?) yang dihadapi siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019