Primary : Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar
Vol 11 No 1 (2019): Juni 2019

PENGEMBANGAN MEDIA SIRKUIT LINGKARAN UNTUK MEMUDAHKAN SISWA DALAM MEMAHAMI KONSEP VOLUME KUBUS DAN BALOK

Seri Susmayati (UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten)
Enung Nugraha (UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten)
Wida Rachmiati (UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk media pembelajaran sirkuit lingkaran untuk membantu pembelajaran matematika pokok bahasan konsep volume kubus dan balok di kelas V SD/MI. Metode penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (R&D) dari Borg and Gall dengan 5 langkah, yaitu (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) pengembangan produk, (3) uji validasi, (4) revisi produk dan (5) uji coba produk yang melibatkan 20 peserta didik sebagai partisipan dan para ahli (media dan materi) untuk menilai kelayakan media pembelajaran. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua yaitu kuantitatif dan kualitatif, melalui observasi, wawancara, instrumen angket dan catatan deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa media pembelajaran sirkuit lingkaran dinyatakan layak dengan presentase penilaian dari ahli media 82% dan presentase dari ahli materi 81% yang menunjukkan klasifikasi “Baik” dari penilaian uji kelayakan oleh ahli media dan materi. Serta hasil penilaian uji coba produk yang dilakukan kepada siswa melalui angket mendapat butir pertanyaan presentase tertinggi yaitu mencapai 90% termasuk kategori “Sangat Baik”. Disimpulkan bahwa media pembelajaran sirkuit lingkaran pada materi konsep volume kubus dan balok di Kelas V SD/MI berdasarkan kurikulum 2013 layak digunakan untuk membantu proses kegiatan pembelajaran di kelas.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

primary

Publisher

Subject

Education

Description

ISSN: 2086-1362 diterbitkan enam bulan sekali oleh Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, berdasarkan SK. Dekan No.: In.10/F.I/HK.00.5/0951/2014 tanggal 11 April ...