Prosiding Konfererensi Nasional Bahasa Arab
No 4 (2018): Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab IV

Penerapan Metode Langsung Dalam Pengajaran Percakapan Bahasa Arab Dasar

Tri yanti Nurul Hidayati (Universitas Sebelas Maret (UNS))



Article Info

Publish Date
24 Oct 2018

Abstract

Abstrak: Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa Internasional yang secara resmi digunakan oleh Persatuan Bangsa Bangsa (PBB)  sejak 1 Januari 1974. Selain itu, bahasa Arab merupakan salah satu bahasa Asing yang ditawarkan untuk dipelajari di negara-negara non Arab termasuk Indonesia. Sehingga menjadi bukti bahwa bahasa Arab merupakan bahasa yang penting untuk dipelajari dan diajarkan. Terdapat beberapa metode dalam pengajaran bahasa Arab, salah satunya adalah metode langsung. Metode langsung merupakan metode yang melatih pembelajar B2 (Bahasa Kedua) untuk melepaskan B1 (Bahasa Pertama) sebagai kerangka acuan. Metode langsung ini sangat cocok digunakan dalam pengajaran percakapan bahasa Arab dasar karena metode ini bertujuan untuk menguasai bahasa target (B2) secara lisan. Selain itu, karakteristik metode langsung ini juga melatih kemampuan komunikasi lisan secara cepat melalui tanya jawab dalam pola interaksi yang bervariasi, sehingga guru dan siswa berperan aktif dalam komunikasi yang diciptakan. Dengan demikian, percakapan bahasa Arab dasar akan lebih mudah dikuasai dan diterapkan dalam berkomunikasi.Kata kunci : Metode Langsung, Pengajaran, Percakapan Bahasa Arab Dasar.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

konasbara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Konferensi Nasional Bahasa Arab tahunan JURUSAN SASTRA ARAB FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS NEGERI MALANG Tema : Kreativitas dan Inovasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia Sub Tema : Strategi Pembelajaran Bahasa Arab MetodePembelajaran Bahasa Arab Media Pembelajaran Bahasa Arab Kurikulum ...