Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pembelajaran Outdoor Study terhadap hasil belajar IPS Siswa MI. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian Non equivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI Al Huda Kalianyar Bojonegoro tahun ajaran 2015/2016. Kelas V A sebagai kelas eksperimen dan kelas V B sebagai kelas kontrol. Instrumen penilaian hasil belajar menggunakan tes esai. Hasil penilaian berupa data gain score yang merupakan selisih nilai pre-test dan post-test dianalisis menggunakan t-test dengan bantuan program SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh nilai p-level lebih kecil 0,05 (p<0,05), yaitu 0,000. Hasil ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi, model pembelajaran outdoor study berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa MI. Hal tersebut dapat terlihat dari rata-rata gain score kelas eksperimen sebesar 35,16 lebih tinggi daripada kelas kontrol yang hanya sebesar 14,04.Kata Kunci: Pembelajaran Outdoor Study, Hasil Belajar, IPS
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017