Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 2, No 3 (2014)

PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIK SISWA SMP YANGDIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF DAN PEMBELAJARAN LANGSUNG

Rabani . (Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo)
Fahinu . (Unknown)
La Arapu (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kemampuan berpikir kritis matematik siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran generatif, (2) kemampuan berpikir kritis matematik siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran langsung, (3) perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis matematik antara siswa yang diajar dengan model pembelajara n generatifdan pembelajaran langsung. Dari hasil analisis berdasarkan hasil perbedaan rata-rata dengan menggunakan uji-t terhadap kemampuan berpikir kritis matematik siswa antar dua kelompok diperoleh bahwa nilai t hitung lebih besar dari nilai t table(thitung  = 5,841875>1,673 = ttabel) maka Ho ditolak, ini berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis matematik antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran generatif (kelas eksperimen) dan yang diajar dengan pembelajaran langsung (kelas kontrol).  Kata Kunci: berpikir kritis matematik; pembelajaran langsung; pembelajaran generatif

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...