Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 7, No 1 (2019)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INTEGRATIF TERHADAP KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS IX SMP NEGERI 8 KENDARI

Hamlin, Randita Cahyani (Unknown)
Salam, Mohammad (Unknown)
Kodirun, Kodirun (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) deskripsi kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IX SMP Negeri 8 Kendari yang diajar dengan model pembelajaran integratif, 2) deskripsi kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IX SMP Negeri 8 Kendari yang diajar dengan model pembelajran konvensional, dan 3) perbedaan pengaruh model pembelajaran integratif dan model pembelajran konvensional pada kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IX SMP Negeri 8 Kendari. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 8 Kendari. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggun akan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes kemampuan komunikasi matematis. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran integratif diperoleh nilai terendah 35, nilai tertinggi 90, mean 66,67., median 65,00, modus 65, standar deviasi 13,814., dan varians 190,833.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...