Jurnal Wahana Kajian Pendidikan IPS
Vol 3, No 1 (2019): Terbit 2 kali dalam setahun

PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DITINJAU DARI KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 2 RAHA

Wahida, Sri Nur (Unknown)
Ramly, Ramly (Unknown)
Halim, Muliha (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2019

Abstract

Abstrak: Kreativitas merupakan salah satu faktor  yang berpengaruh dalam hasil belajar siswa. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis perbedaan hasil belajar menggunakan model PBL dan model pembelajaran kooperatif tipe NHT ditinjau dari kreativitas belajar tinggi dan rendah. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Variabel yang diukur dalam penelitian ini terdiri dari dua variabel utama yaitu  variabel bebas dan variabel terikat. Desain yang digunakan adalah rancangan faktorial Anava 2 x 2. Populasi dari peneltian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Raha dengan sampel penelitian sebanyak 84 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan tes dan angket serta dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tidak terdapat perbedaan hasil belajar antara model PBL dan model pembelajaran kooperatif tipe NHT yang dibuktikan dengan nilai Sig 0,138 > 0,05, (2) terdapat perbedaan hasil belajar antara kreativitas belajar tinggi dan kreativitas belajar rendah yang dibuktikan dengan nilai Sig 0,000 < 0,05, (3) tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kreativitas belajar terhadap hasil belajar yang dibuktikan dengan nilai Sig 0,533 > 0,05.Kata kunci: PBL; NHT; kreativitas belajar; hasil belajar

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JWKP-IPS

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Wahana Kajian Pendidikan IPS adalah jurnal yang memuat hasil penelitian ilmiah yang memiliki nuansa akademik yang inovatif dalam bidang kajian pendidikan IPS. ...