Jurnal Wahana Kajian Pendidikan IPS
Vol 1, No 2 (2017): Terbit 2 kali dalam setahun

PEMANFAATAN SEJARAH LOKAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 2 KENDARI

Prasetyo, Ryan Rezky (Unknown)
Basri, La Ode Ali (Unknown)
Syahrun, Syahrun (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2017

Abstract

Abstrak: Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui dan mengidensifikasi sejarah lokal yang berpotensi menjadi sumber pembelajaran di Kota Kendari. (2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan alasan sumber sejarah lokal di Kota Kendari belum di manfaatkan sebagai sumber pembelajaran sejarah pada ekolah Menengah Atas di Kota Kendari. (3) Untuk mengetahui dan menganalisis pengembangan sumber sejarah lokal sebagai bahan pembelajaran sejarah di SMA 2 Kendari. Hasil penelitian menunjukan judul untuk dijadikan sebagai bahan ajar di sekolah yaitu “Sejarah Lokal Daerah Kota Kendari Dari Zaman Kerajaan (Hingga Pendudukan Jepang)”. Dimana dalam judul ini akan di bahas sejarah Kota Kendari, Sejarah pahlawan-pahlawan Kota Kendari, sejarah budaya Kota Kendari, dan potensi wilayah Kota Kendari dan sejarah bangsa Jepang di Kota Kendari. Jadi inti terbesarnya dalam permasalahan yang dihadapi dalam mengembangkan materi sejarah lokal dalam kurikulm pendidikan sejarah adalah ketersediaan sumber dan masih kurangnya dukungan pemerintah. Pendidikan sejarah sebagaimana pendidikan lainnya, tidak mungkin dapat dilakukan dengan baik apabila sumber tidak tersedia. Dapat di pahami bahwa sudah sepantasnya pentingnya siswa harus mengetahui sejarah lokal daerah Kota Kendari agar lebih memahami sebenarnya apa yang terjadi di masa lampau yang ada di Kota Kendari. Sudah seharusnya ada buku yang mejelaskaan tentang sejarah lokal daerah Kota Kendari untuk menjadi peganggan guru-guru seluruh SMA Se-Kota Kendari untuk di ajarkan kepada siswa-siswa agar siswa SMA Se-Kota Kendari dapat memahami/mengetahui sejarah lokal daerah Kota Kendari.Kata Kunci: Sejarah Lokal, Sumber Belajar, Sumber Sejarah

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JWKP-IPS

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Wahana Kajian Pendidikan IPS adalah jurnal yang memuat hasil penelitian ilmiah yang memiliki nuansa akademik yang inovatif dalam bidang kajian pendidikan IPS. ...