Gema Pendidikan
Vol 26, No 1 (2019): Januari, Gema Pendidikan

PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN (INDUKTIF Vs DEDUKTIF)DAN SELF-EFFICACY YANG SESUAI DENGAN PERKEMBANGAN PENGETAHUAN SISWA TENTANG KONSEP DASAR MATEMATIKA DI SD SE-KOTA KENDARI SULAWESI TENGGARA

Muhammad Yasin (Dosen FKIP Universitas Halu Oleo)
Darnawati . (Dosen FKIP Universitas Halu Oleo)
Harlin Yusuf (Dosen FKIP Universitas Halu Oleo)
Iman Ashari (Dosen FKIP Universitas Halu Oleo)
Muhammad Mancipto Hamid (Dosen FKIP Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2019

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengukur efektivitas penerapan strategi pembelajaran (induktif vs deduktif) dan self-efficacy siswa  tentang pengetahuan konsep dasar matematika. Dengan instrument tersebut akan diperoleh informasi makro mengenai perkembangan kemampuan siswa dalam mempelajari konsep dasar matematika di SD baik untuk kelompok siswa kelas rendah, maupun kelompok siswa kelas tinggi dengan mengembangkan strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan pengetahuan siswa tentang konsep dasar matematika. Hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat pengaruh interaksi strategi pembelajaran (A) dan self-efficacy (B) terhadap pengetahuan siswa tentang konsep dasar matematika dengan nilai rerata kelas induktif sebesar 78.66 sedangkan rerata kelas deduktif sebesar 76,77 disamping itu juga terdapat pengaruh strategi pembelajaran induktif dan strategi pembelajaran deduktif terhadap perbedaan pengetahuan siswa tentang konsep dasar matematika baik  kelompok siswa yang memiliki self efficacy tinggi maupun kelompok siswa yang memiliki self efficacy rendah. Kata Kunci: Pengembangan Kemampuan Siswa, Strategi Pembelajaran, Self-Efficacy.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

GP

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Gema Pendidikan is one of the publications of research results in the field of Education. Research studies in this journal cover all topics related to Education. The targets in the publication of this journal are Lecturers, Teachers, and Researchers in the field of Education. ...