JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN
Vol 12 No 2 (2018): Perspektif Pendidikan

EFEKTIVITAS PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA PEMBELAJARAN FISIKA

Yaspin Yolanda (STKIP PGRI Lubuklinggau, Indonesia)
Ahmad Amin (STKIP PGRI Lubuklinggau, Indonesia)
Riska Sari (STKIP PGRI Lubuklinggau, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas hasil belajar fisika siswa, aktifitas belajar siswa dan respon siswa dalam proses pembelajaran fisika dengan menggunakan Pendekatan Scientific di kelas X SMA Negeri 5 Lubuklinggau Tahun pembelajaran 2017/2018 pada materi Besaran dan Pengukuran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Sampel penelitian ini X.Mia.3 yang berjumlah 32 siswa dan diambil secara acak. Penggumpulan data dilakukan dengan teknik tes, lembar Observasi dan angket. Berdasarkan hasil analisis data dengan uji t diperoleh thitung= 5,5946 > thitung = 1,697 disimpulkan bahwa “Pendekatan Scientific pada Pembelajaran Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Lubuklinggau efektif, aktifitas belajar siswa aktif dan respon siswa terhadap pembelajaran baik dan hasil belajar fisika siswa meningkat.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Perspektif Pendidikan (JPP) memuat artikel hasil penelitian Pendidikan, Pembelajaran, Penelitian dan pengembangan Pendidikan dalam bidang Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan ...