Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 2, No 1 (2017): Jurnal Membaca (Bahasa dan Sastra Indonesia)

ANALISIS KONTRASTIF PRONOMINA DEMONSTRATIF BAHASA KOREA DAN BAHASA INDONESIA SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PENGAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING (BIPA)

Lela Fadilah (Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia)
Dase Erwin Juansah (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Sundawati Tisnasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2017

Abstract

Fokus penelitian ini adalah mencari persamaan dan perbedaan bentuk pronomina demonstratif bahasa Korea dan bahasa Indonesia serta implikasi terhadap pengajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing. Metode yang digunakan pada penelitian ini merupakan metode deskripstif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis, bentuk pronomina demonstratif bahasa Korea berupa bentuk dasar, gabungan, dan pemendekan. Sedangkan, bentuk pronomina demonstratif bahasa Indonesia berupa bentuk dasar, gabungan, dan turunan. Hasil penelitian ini dapat diimplikasikan sebagai bahan ajar materi pembelajaran tata bahasa untuk pengajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing yang berasal dari Korea.

Copyrights © 2017