Majalah Ilmiah Kaputama
Vol 2, No 2 (2018): EDISI JULI 2018

PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 54 KERASAAN

Purba, Azrina (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2018

Abstract

ABSTRAKProblem Based Learning (PBL) atau pembelajaran berdasarkan masalah adalah pembelajaran yang berpusat pada siswa yang menyajikan masalah dunia nyata sebagai konteks bagi siswa untuk menyusun pengetahuan mereka sendiri mengembangkan inkuiri dan keterampilan berpikir tingkat yang lebih tinggi, pemecahan masalah untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensi dari materi pelajaran, mengembangkan kemandirian, dan percaya diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan problem based learning terhadap hasil belajar siswa Kelas VII (Tujuh) SMP Muhammadiyah 54 Kerasaan. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran berbasis masalah dan mendeskripsikan aktivitas siswa selama pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 54 Kerasaan Tahun Ajaran 2015/2016  yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 64 siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII1 yang berjumlah 34 siswa. Berdasarkan hasil analisis diperoleh : (1) Problem Based Learning merupakan pembelajaran yang berpusat pada siswa yang menyajikan masalah dunia nyata sebagai konteks bagi siswa untuk menyusun pengetahuan mereka sendiri mengembangkan inkuiri dan keterampilan berpikir tingkat yang lebih tinggi, pemecahan masalah untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensi dari materi pelajaran, mengembangkan kemandirian, dan percaya diri; (2) Ketercapaian KKM diperoleh fakta bahwa terjadi peningkatan jumlah siswa yang mencapai KKM sesudah tindakan bila dibandingkan dengan jumlah siswa yang mencapai KKM sebelum tindakan dengan persentase ketuntasan 52,94%, dan 76,47%. Nilai rata-rata skor yang diperoleh siswa sebelum dan sesudah mengikuti proses pembelajaran juga mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 58,72 dan 62,97. Dengan demikian hasil analisis tindakan ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berdasarkan masalah pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar matematika khususnya pada materi perbandingan siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 54 Kerasaan. 

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

MAIKA

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Other

Description

Terbit Setiap Bulan Januari dan Juni Setiap Tahunnya. Majalah tersebut merupakan Media publikasi untuk bidang Komputer, bidang pendidikan dan bidang umum ...