Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendah kemampuan representasi matematis siswa yang merupakan hasil dari pembelajaran ekspositori yang tidak mempertimbangkan kecerdasan majemuk. Tujuan Penelitian ini bertujuan melihat peningkatan kemampuan representasi matematis serta melihat Interaksi antara KAM dan faktor pembelajaran terhadap peningkatan kemampuan representasi matematis. Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, subjek penelitian adalah kelas VIII SMP Budistrya Medan dan sampel dipilih dengan metode purposive sampling yang terdiri dari dua kelas. Kelas pertama disebut kelas eksperimen dengan diberikan perlakuan pembelajaran kooperatif berbasis multiple intelligence dan kelas kedua disebut kelas kontrol dengan diberikan pembelajaran biasa atau pembelajaran ekspositori. Untuk mengukur kemampuan representasi matematis siswa digunakan instrumen yang sudah divalidasi oleh ahli dan telah diujicoba, dengan tingkat reliabelitas soal (0,946) untuk KAM dan (0,917) untuk tes kemampuan representasi matematis siswa. Analisis data dilakukan dengan uji anava dua jalur. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikesimpulan bahwa peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang diajarkan menggunakan pembelajaran kooperatif berbasis multiple intelligence lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran biasa dan Tidak terdapat interaksi antara KAM dan model pembelajaran terhadap peningkatan kemampuan representasi matematis siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018