Jurnal Halaqah
Vol 1 No 2 (2019): JURNAL HALAQAH, Publishing April 2019

Pengembangan Kamus Mnemonic sebagai Sumber Belajar Sejarah Indonesia di Sekolah Menengah Atas

Suci Ramadani (Universitas Negeri Padang)
Ofianto Ofianto (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2019

Abstract

Latar belakang penelitian yaitu : 1) Sumber belajar yang kurang bervariasi; 2) Kesulitan peserta didik dalam mengingat sederet fakta dan konsep yang harus diingat pada pembelajaran sejarah, dan cenderung diingat dalam waktu yang singkat, sehingga beberapa peserta didik belum belajar sampai tingkat pemahaman; 3) Sumber belajar seperti kamus belum digunakan dalam pembelajaran Sejarah Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan kamus mnemonic sebagai sumber belajar Sejarah Indonesia di Sekolah Menengah Atas yang layak, dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D), dengan menggunakan model pengembangan 4-D. Model ini terdiri dari 4 tahap pengembangan, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran), penelitian ini dilakukan hanya sampai pada tahap pengembangan saja. Subjek yang diteliti adalah peserta didik kelas X IPS 2 di SMAN 7 Padang. Hasil dari penelitian ini yaitu menghasilkan produk berupa kamus mnemonic sebagai sumber belajar Sejarah Indonesia di Sekolah Menengah Atas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kamus ini sangat layak dan sangat praktis untuk digunakan sebagai sumber belajar sejarah di Sekolah Menengah Atas, yang dibuktikan dengan skor rata-rata kelayakan dari ahli materi sebesar 3.59 dengan kriteria sangat layak, sedangkan skor rata-rata kelayakan dari ahli sumber belajar sebesar 3.50 dengan kriteria sangat layak digunakan sebagai sumber belajar di Sekolah Menengah Atas. Selanjutnya skor rata-rata kepraktisan kamus mnemonic dari guru yaitu sebesar 3.83 dengan kriteria sangat praktis, serta kepraktisan juga dilihat dari analisis jawaban angket respon yang diberikan kepada 33 orang peserta didik kelas X IPS 2 di SMAN 7 Padang. Hasil yang diperoleh sebesar 3.36 dengan kriteria sangat praktis. Maka kamus mnemonic sebagai sumber belajar Sejarah Indonesia di Sekolah Menengah Atas yang telah diuji cobakan dapat membantu peserta didik dalam mengingat baik fakta maupun konsep yang ada pada mata pelajaran Sejarah Indonesia.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

hal

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Halaqah (2685-6379) merupakan publikasi resmi komunitas literasi PAMA Aksara yang bernaung di bawah RC-INSTITUT. Edisi pertama jurnal ini diterbitkan pada tahun 2019 dalam versi online terbit empat kali dalam setahun pada bulan Januari, April, Juli dan Oktober. Jurnal ini dimaksudkan sebagai ...