Indonesian Journal of Education and Learning
Vol 3, No 1 (2019): Indonesian Journal of Education and Learning

PRODUKTIVITAS TUTURAN ANAK-ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SEKOLAH DASAR INKLUSI

Astuty Astuty (Universitas Tidar)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2019

Abstract

Anak-anak tunagrahita  ringan mengalami gangguan kebahasaan, seperti gangguan morfologis dan  sintaktis. Gangguan morfologis dan sintaktis yang dialami anak-anak tunagrahita ringan tersebut berpengaruh terhadap  produktivitas kata, frasa, kalimat, dan rerata panjang ujarannya. Penelitian ini  difokuskan untuk menemukan produktivitas kata, frasa, kalimat, dan rerata panjang ujaran dalam tuturan anak-anak tunagrahita ringan. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif. Data penelitian berupa penggalan cerita dan percakapan anak-anak tunagrahita ringan. Latar penelitian adalah Sekolah Dasar Inklusi di Kabupaten Semarang. Sumber data penelitian yaitu tuturan dalam bentuk cerita dan percakapan anak-anak tunagrahita ringan di SD Inklusi. Teknik pengumpulan data adalah  teknik rekam, catat, simak bebas libat cakap, dan simak libat cakap. Teknik analisis data adalah teknik agih. Temuan penelitian ini adalah  ((1)  produktivitas kata berupa nomina, verba, kata tugas, adjektiva, pronomina, numeralia, dan adverbia; (2) produktivitas frasa berupa frasa preposisional, nominal, verbal, numeral, pronominal, adjektival, dan konjungsional; (3) produktivitas kalimat berupa kalimat tunggal; dan (4) RPU= 6,94; Simpulan penelitian ini adalah kemampuan berbahasa anak-anak tunagrahita ringan dapat dikembangkan dengan memberikan pertanyaan menggali. Saran diberikan kepada guru agar mendapat pelatihan cara memberikan pertanyaan menggali dengan tepat. Peneliti lain dapat meneliti produktivitas kalimat majemuk pada anak-anak tunagrahita ringan  dengan teknik yang lain

Copyrights © 2019