Ijtimaiyah: Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya
Vol 3, No 1 (2019): Jurnal IJTIMAIYAH, Vol.3, No.1, Jan-Juni 2019

MEMBANGUN SEBUAH KONSEP CRITICAL THINGKING SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS DISCOVERY LEARNING SEBAGAI SOLUSI TANTANGAN DALAM PEMBELAJARAN IPS

Hakim, Fadhil ( Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Nasution, Toni ( Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2019

Abstract

Suatu masalah yang sering terjadi ketika pembelajaran sedang berlangsung adalah peserta didik hanya dapat mengetahui isi materi tanpa memahaminya secara mendalam, keadaan demikian menjadikan peserta didik kurang mampu untuk mengoptimalkan kemampuan berpikir secara kritis dan konseptual dalam memaknai pembelajaran IPS. Model Pembelajaran discovery learningadalahsebuah model yang berusaha membangun dalam meningkatkan kemampuan dalam berpikir kritis. Hasil penelitianmelalui pembelajaran discovery learningmerupakan sebuah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Konsep model pembelajaran ini tidak bersifat ekslusif akan tetapi dapat digabung dengan model-model pembalajaran yang lain, misalnya: keterampilan proses, eksperimen, demonstrasi, diskusi, dan lain-lain. Penerapan kegiatan mengkonstruk atau membangun sendiri pengetahuan pada siswa, membuat siswa terlatih untuk bernalar dan berpikir secara kritis melalui kegiatan menemukan sendiri masalah, kebebasan bertanya (questioning), penerapan masyarakat belajar (learning community). Artikel ini mengkaji tentang bagaimanaModel discovery learningini menjadi salah satu solusi untuk membangun kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kajian beberapa jurnal penelitian sebelumnya, buku serta sumber lainnya yang reliable.Kata Kunci:Model Discovery Learning, Critical Thingking, Pembelajaran IPS

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ijtimaiyah

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal ini merupakan jurnal Pendidikan dan penelitian berbasis sosial dan budaya. (P-ISSN : 2541-660x dan E-ISSN: 2829-6877) diterbitkan oleh Prodi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN SU Medan. Jurnal Ijtimaiyah Ilmu Sosial dan Budaya ini tidak hanya menerima ...