Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 1, No 5 (2019): Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Analisis Kemampuan Literasi Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Semarang

Wati, Mirna (Unknown)
Sugiyanti, Sugiyanti (Unknown)
Muhtarom, Muhtarom (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan literasi matematika pada siswa SMP Negeri 6 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif. Pengambilan data dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Semarang pada tahun ajaran 2018/2019. Pemilihan subjek berdasarkan tingkat kemampuan matematis. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Hasil penelitian didapatkan bahwa siswa dengan kemampuan matematis kategori tinggi mampu melakukan tahapan proses literasi matematika dengan baik namun belum maksimal yaitu mengidentifikasi aspek matematika dari suatu konteks masalah dikehidupan nyata dan mengidentifikasi variabel yang diketahui; menentukan model matematika dan menyederhanakan masalah; merancang dan menerapkan strategi untuk mencari solusi; menentukan fakta, prosedur, algoritma dan model matematika ketika mencari solusi; merefleksikan, menjabarkan dan menentukan hasil matematika; menafsirkan hasil matematika dan mengevaluasi solusi matematika ke dalam konteks kehidupan nyata.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

imajiner

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu di ranah matematika dan pendidikan. Lingkup dari fokus utama tersebut meliputi pendidikan dan terapan. ...