Jurnal Penelitian dan Evaluasi pendidikan
Vol 7, No 1 (2017):

ANALISIS DISKREPANSI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU BERPENDEKATAN SAINTIFIK DI SD NEGERI KECAMATAN KLUNGKUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Pratami, DAP Armita (Unknown)
Suarni, Ni Ketut (Unknown)
Mertasari, Ni Made Sri Mertasari Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya diskrepansi pada variabel konteks, input, proses, dan produk terkait pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu berpendekatan saintifik. Penelitian ini termasuk penelitian evaluatif dengan model diskrepansi. Populasi penelitian ini adalah seluruh kepala sekolah dan guru kelas I dan kelas IV SD Negeri Kecamatan Klungkung yang terdiri dari 6 gugus dan terdapat 30 sekolah. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik purposive random sampling dan quota sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner dan lembar observasi pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) diskrepansi yang terjadi terkait variabel konteks pada pembelajaran dengan pendekatan saintifik di SD Negeri Kecamatan Klungkung sebesar -11,91 dengan kategori sangat kecil; (2) diskrepansi yang terjadi terkait variabel input pada pembelajaran dengan pendekatan saintifik di SD Negeri Kecamatan Klungkung sebesar -19,56 dengan kategori kecil; dan (3) diskrepansi yang terjadi terkait variabel proses pada pembelajaran dengan pendekatan saintifik di SD Negeri Kecamatan Klungkung sebesar –23,98 dengan kategori kecil; (4) diskrepansi yang terjadi terkait variabel produk pada 11,10, dengan kategori kecil.Kata kunci: diskrepansi, evaluasi, pendekatan saintifik

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jurnal_ep

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education

Description

Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia is an interdisciplinary publication of original research and writing on education which publishes papers to international audiences of educational researchers. The JERE aims to provide a forum for scholarly understanding of the field of education ...