ABDIMAS SILIWANGI
Vol 2, No 2 (2019)

MENUMBUHKAN KESADARAN LINGKUNGAN KEPADA GURU-GURU SD DI SEKITAR SUNGAI CITARUM MELALUI PENYULUHAN TENTANG HAKEKAT SAINS DALAM PEMBELAJARAN

Siti Ruqoyyah (IKIP Siliwangi)
Linda Hania Fasha (IKIP Siliwangi)
Euis Eti Rohaeti (IKIP SIliwangi)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2019

Abstract

Secara umum, tujuan jangka panjang program pengabdian ini adalah mengembangkan suatu proses pengabdian melalui penyuluhan bagi guru-guru SD dalam upaya menumbuhkan kesadaran lingkungan kepada guru-guru SD di sekitar Sungai Citarum tentang hakekat sains dalam pembelajaran. Adapun target khusus yang ingin dicapai adalah meningkatkan pemahaman dan kesadaran lingkungan serta pemahaman strategi dan pendekatan pembelajaran yang mungkin dilakukan guru-guru SD mengenai pentingnya pelestarian lingkungan melalui konteks lingkungan di sekitar Sungai Citarum yang dikaitkan dengan hakekat sains untuk pembelajaran SD. Metode pelaksanaan pada kegiatan pengabdian ini dikelompokan menjadi empat tahap kegiatan yaitu tahap persiapan terdiri dari kegiatan observasi, pelaksanaan terdiri dari kegiatan penyuluhan, evaluasi terdiri dari kegiatan mengevaluasi kegiatan, dan penyelesaian terdiri dari kegiatan penyusunan laporan dan publikasi luaran kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu guru-guru memahami mengenai pentingnya pelestarian lingkungan melalui konteks lingkungan di sekitar Sungai Citarum yang dikaitkan dengan hakekat sains, terwujudnya kesadaran guru-guru SD akan pentingnya pelestarian lingkungan serta  guru-guru SD memahami strategi dan pendekatan pembelajaran yang mungkin dilakukan, yang menjadi dasar untuk menumbuhkan kesadaran mengenai pentingnya pelestarian lingkungan dikaitkan dengan pembelajaran di SD.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

abdimas-siliwangi

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Library & Information Science Social Sciences

Description

Journal of Abdimas Siliwangi IKIP Siliwangi aims to publish the results of the study of learning theory, the results of community service in the field of education. The manuscripts contained in this journal include the study of theories in the field of teaching and learning process education, as ...