PT. Lion Air adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa penerbangan domestik maupun internasional. Peningkatan jumlah penumpang pesawat pada musim peak season? mengakibatkan terjadinya antrian yang panjang dan menumpuk di check-in counter, begitu juga kondisi di Bandara Hang Nadim Batam. Terkait dengan pelayanan penumpang, hal penting yang harus diperhatikan adalah pelayanan penumpang yang akan berangkat, pemberian pelayanan terhadap check-in counter yang cepat dan tanggap merupakan hal yang sangat penting agar pelanggan tidak terlalu lama menunggu dalam antrian. Masing-masing pelanggan akan mendapat pelayanan dengan waktu yang berbeda-beda, tergantung dengan cepat atau lambatnya pelayanan yang diberikan, sehingga menghasilkan waktu tunggu yang berbeda-beda. Waktu normal yang dibutuhkan untuk proses check-in adalah 2 menit 30 detik menunggu dalam antrian pelayanan check-in counter adalah kurang dari 20 menit (PM 49, 2012).? Maka perlu adanya penelitian untuk mengetahui berapa lama waktu tunggu untuk proses check-in serta apakah jumlah ?konter yang sekarang sudah optimal untuk meningkatkan pelayanan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018