Edukasia : Jurnal Pendidikan
Vol 6, No 1 (2019)

PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS BLENDED LEARNING PADA MATA KULIAH RESEARCH STATISTICS DI JURUSAN PENDIDKAN BAHASA INGGRIS UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN

Hamid, Hariaty (Unknown)
Aras, Irianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan pembelajaran berbasis blended learning yang berkualitas, melalui tujuan tersebut maka penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan. Pengembangan dilakukan mengikuti alur pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Adapun kriteria kualitas yang digunakan merujuk pada kualitas suatu produk oleh Nieveen (2007) yang terdiri dari kevalidan, kepraktisan, dan keefektivan. Kevalidan dilihat dari hasil validasi ahli, kepraktisan dilihat dari kelayakan dan keterlaksanaan pembelajaran, dan keefektifan dilihat dari lembar observasi aktivitas mahasiswa, angket respon mahasiswa, dan tes hasil belajar.? Dari hasil ujicoba diperoleh bahwa rancangan dan perangkat pembelajaran telah layak digunakan, respon mahasiswa positif terhadap pembelajaran, aktivitas mahasiswa berada pada kategori cukup aktif, kemampuan dosen mengelola pembelajaran berada pada kategori cukup baik, dan hasil belajar telah tuntas secara klasikal dengan nilai rata-rata 79,37. Dengan demikian, pembelajaran berbasis blended learning telah valid, praktis dan efektif berdasarkan kriteria yang ditentukan dalam penelitian ini.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

edukasia

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal ilmiah ilmu pendidikan (EDUKASIA) menerima dan memuat naskah dalam bentuk hasil penelitian (artikel ilmiah) dalam bidang pendidikan sosial, pendidikan sains, pendidikan MIPA dan kajian lain selama dalam lingkup Pendidikan. Penerbitan Jurnal Edukasia pada bulan April dan Oktober dengan E-ISSN ...