Jurnal Abdimas Mandiri
Vol 3, No 1

PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN “KEMPLANG TUNU” SEBAGAI PRODUK CEMILAN KHAS KOTA PALEMBANG

Terttiaavini Terttiaavini (Universitas Indo Global Mandiri)
Luis Marnisah (Universitas Indo Global Mandiri)
Yosef Yulius (Universitas Indo Global Mandiri)
Tedy Setiawan Saputra (Universitas Indo Global Mandiri)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2019

Abstract

Kemplang tunu merupakan salah satu produk cemilan khas masyarakat Sumatera Selatan yang sangat diminati. Kemplang tunu merupakan indutri rumahan yang jika digeluti dengan serius akan mendatangkan income yang signifikan. Usaha kemplang tunu masih jarang digeluti oleh masyarakat Palembang, karena market penjualan masih terbatas. Selain itu usaha kemplang  belum begitu diminati, sehingga kalah bersaing dengan kuliner lainnya. Program pengabdian kepada masyarakat ini memiliki tiga fokus kegiatan, yaitu (1) meningkatkan kualitas dan brand image kemplang tunu menjadi salah satu cemilan khas kota palembang,  (2) membangun kelompok usaha mandiri bagi masyarakat ekonomi lemah dengan 3) pelatihan memproduksi kemplang tunu. Kegiatan ini dapat membantu meningkatkan pendapatan keluarga dan menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi ibu rumah tangga dan remaja yang di sekitar RT. 21 Kelurahan Ario kemuning Palembang.Kata kunci : Kemplang tunu,  Brand image, Kelompok usaha mandiri, Kelompok Non Produktif 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

PGM

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Abdimas Mandiri merupakan jurnal yang mempublikasikan hasil kegiatan pengabdian kepada Masyarakat atau kajian dalam penuntasan masalah sosial di Masyarakat,mencakup bidang Informatika, Ekonomi, Teknik, Humaniora, Bahasa, Seni dan Desain grafis. Diterbitkan dua kali dalam satu tahun, yaitu ...