Pena Kreatif : Jurnal Pendidikan
Vol 7, No 2 (2018): Pena Kreatif : Jurnal Pendidikan

SIMULASI SEBAGAI PROJECT-BASED LEARNING DALAM PENINGKATAN SPEAKING PERFORMANCE MAHASISWA PADA MATA KULIAH BUSINESS ENGLISH

ryani yulian (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prodi Manajemen Universitas Muhammadiyah Pontianak)
Yuniarti Yuniarti (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Prodi PG PAUD Universitas Muhammadiyah Pontianak)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2018

Abstract

Dewasa ini, mahasiswa harus disituasikan dalam proses pembelajaran yang berorientasi pada penerapan ilmu aplikatif dimana perkuliahan konvensional sudah dianggap bukan sebagai cara yang terbaik untuk mengikutsertakan mahasiswa dalam pembelajaran aktif di kelas. Mahasiswa semester dua pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Pontianak melakukan presentasi dalam mata kuliah Business English sebagai salah satu prasyarat kelulusan pada mata kuliah ini. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa diwajibkan untuk mempresentasikan barang maupun jasa. Kegiatan ini diharapkan menjembatani teori dengan kegiatan nyata sehingga mahasiswa dapat memiliki kemampuan praktis ketika berada dalam dunia kerja. Secara spesifik penelitian ini menerapkan Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) dengan kombinasi metode simulasi sebagai project-based learning pada mata kuliah Business English. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus penelitian dimana nilai rata-rata speaking performance mahasiswa meningkat secara signifikan yaitu dari 58.23 menjadi 67.65. Mahasiswa juga memiliki persepsi yang positif terhadap metode ini dimana mayoritas mahasiswa setuju bahwa simulasi dapat memberikan motivasi (82,35%), simulasi merupakan cara pembelajaran yang menyenangkan (79,41%), dan simulasi memberikan pengalaman belajar dan memberikan nilai lebih pembelajaran dari self-study (88,24%). Persepsi mahasiswa terhadap project-based learning mengindikasikan bahwa metode ini dapat meningkatkan speaking performance mereka (88,24%).  Dengan kombinasi metode simulasi sebagai project-based learning, kemampuan speaking mahasiswa dapat meningkat. 

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPK

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pena Kreatif merupakan jurnal pendidikan yang akan menerbitkan hasil penelitian dosen maupun guru. Jurnal pene Kreatif akan diterbitkan dua jenis terbitan: (1) Media Cetak, (2) Elekronik/online Pena Kreatif : Jurnal Pendidikan menerbitkan artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian di ...