Pena Kreatif : Jurnal Pendidikan
Vol 8, No 2 (2019): Pena Kreatif : Jurnal Pendidikan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SIKAP PERCAYA DIRI SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI MTS AL-IHSAN PONTIANAK

Widiya Puji Astuti (Universitas Muhammadiyah Pontianak)
Hanum Mukti Rahayu (Universitas Muhammadiyah Pontianak)
Arif Didik Kurniawan (Universitas Muhammadiyah Pontianak)



Article Info

Publish Date
24 Nov 2019

Abstract

Respon siswa terhadap pembelajaran masih rendah sehingga hasil belajar siswa pada materi ekosistem masih dibawah KKM (<70). Model pembelajaran yang tepat diperlukan agar hasil belajar siswa pada materi ekosistem sesuai dengan KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) terhadap hasil belajar dan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap rasa percaya diri. Metode menggunakan  Pre-Experimental  Design  dengan  rancangan  One  Group  Pretest  Posttes.  Teknik  sampling  yang digunakan adalah purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis gain (g) hasil belajar mendapatkan pengaruh sebesar  0,56 dengan kriteria sedang dan hasil penelitian gain (g) Terhadap sikap percaya diri mendapatkan pengaruh sebesar 0,46 termasuk pada kriteria sedang. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe TGT berpengaruh terhadap hasil belajar dan sikap percaya diri.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPK

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pena Kreatif merupakan jurnal pendidikan yang akan menerbitkan hasil penelitian dosen maupun guru. Jurnal pene Kreatif akan diterbitkan dua jenis terbitan: (1) Media Cetak, (2) Elekronik/online Pena Kreatif : Jurnal Pendidikan menerbitkan artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian di ...