Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya
Vol 4 No 3 (2018): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya (Agustus)

Meningkatkan Hasil Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Trigonometri Siswa Kelas X-4 AP SMK Negeri 1 Manado Tahun Pelajaran 2013/2014 Melalui Implementasi Pembelajaran Berbasis Masalah

Deetje Anneke Helena Lolowang (SMK Negeri 1 Manado)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2018

Abstract

Implementasi pembelajaran berbasis masalah ternyata dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Indikator keberhasilan tercermin dari rata-rata kelas yang semula 5,3 meningkat menjadi ≥ 65 atau 65% sedangkan ketuntasan belajar klasikal tercapai jika minimal 85% siswa atau lebih memperoleh skor ≥ 65 atau 65%. Hasil penelitian diperoleh bahwa pada siklus pertama diperoleh prosentase sebesar 60% dengan rata-rata kelas 6,66, pada siklus kedua hasil pengamatan menunjukan prosentase sebesar 80% dengan rata-rata kelas 7,16 serta pada siklus ketiga hasil belajar matematika pada pokok bahasan trigonometri siswa kelas X-4 AP SMK Negeri 1 Manado meningkat yaitu ketuntasan belajar klasikal sebesar 87,5% dengan rata-rata kelas 8,53.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ideas

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ideas adalah sebuah jurnal online berbasis OJS yang memfasilitasi publikasi artikel ilmiah dari hasil penelitian. Hasil penelitian dapat berupa hasil penelitian mandiri atau kolaboratif. Peneliti dapat berasal dari berbagai kalangan seperti guru, dosen, mahasiswa, atau praktisi. Fokus ...