Jurnal Karya Pendidikan Matematika
Vol 3, No 2 (2016): Jurnal Karya Pendidikan Matematika

KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN IDEAL PROBLEM SOLVING BERBASIS MAPLE MATAKULIAH METODE NUMERIK

Eko Andy Purnomo (Unknown)
Muhammad Toni Prasetyo (Unknown)
Budiharto - (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2016

Abstract

Metode numerik merupakan salah satu metode yang mempunyai peran sangat strategis dalam matematika. Masalah yang sulit atau bahkan tidak mungkin diselesaikan secara analitis dapat diselesaikan dengan metode numerik. Berdasarkan observasi awal peneliti disimpulkan bahwa 1) mahasiswa cenderung menghafal dan bukan memahamimetode numerik, 2) pembelajaran masih bersifat konvensional, 3) mahasiswa belum mengetahui secara mendalam aplikasi metode numerik dalam kehidupan, 4) pembelajaran belum memanfaatkan aplikasi teknologi. Hal ini menyebabkan mahasiswa pasif dan motivasi belajar juga turun yang mengakibatkan kemampuan pemecahan masalah masihrendah. Solusi untuk mengatasi permasalahan pada matakuliah Metode Numerik adalah dengan penerapan model pembelajaran IDEAL Problem Solving berbasis Maple. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan implementasi model pembelajaran IDEAL Problem Solving berbasis Maple pada matakuliah Metode Numerik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran IDEAL Problem Solving berbasis Maple matakuliah Metode Numerik adalah efektif. Keefektifan ditandai dengan (a)kemampuan pemecahan masalah mencapai ketuntasan, (b) terdapat pengaruh keaktifan dan motivasi terhadap kemampuan pemecahan masalah yang signifikan (c)kemampuan pemecahan masalah kelas setelah perlakuan lebih baik dari kelas sebelum perlakuan.Berdasarkan hasil penelitian, dosen hendaknya dapat menerapkan model pembelajaran IDEAL problem solving berbasis maple untuk meningkatkan keaktifan, motivasi dankemampuan pemecahan masalah.Kata Kunci: IDEAL problem solving, Maple, Metode Numerik

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JPMat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

JKPM | Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401 is peer reviewed journal that contains the work of the field of educational research or teaching mathematics, mathematics, mathematical applications, mathematical computerization and models of mathematics education in ...