JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)
Vol. 3 No. 2 (2016): JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)

PEMETAAN DAN RELEVANSI LULUSAN JURUSAN PENDIDIKAN IPS FIS UNY TAHUN 2015

Supardi, Supardi, (Unknown)
Saliman, Saliman (Unknown)
Wibowo, Satriyo (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2016

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendapatkan hasil penelusuran alumni Pendidikan IPS terhadap kinerja penyelenggara program dan mutu layanan program, kepuasan Stakeholders atas kinerja alumni, masa tunggu alumni sampai mendapatkan pekerjaan pertama, dan relevansi kurikulum. Peneliti menggunakan metode survey dengan menggunakan angket sebagai teknik mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan tiga aspek kinerja penyelenggaraan program dan tiga aspek mutu layanan program yang perlu diperbaiki. Ketiga aspek kinerja penyelenggaraan program tersebut ialah (1) porsi pembelajaran praktik lebih sedikit ketimbang pembelajaran teori dengan rerata score angket: 3,79 (tafsiran cukup) yang artinya bahwa porsi pembelajaran masih perlu revisi; (2) membantu mahasiswa dalam masalah pribadi dengan rerata score angket: 3,75 (tafsiran cukup) yang artinya para dosen masih perlu meningkatkan upayanya dalam membantu masalah pribadi mahasiswa; (3) peraturan akademik yang dibuat dan disosialisasikan oleh program studi dengan rerata score angket: 4,00 (tafsiran cukup).

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jipsindo

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

JIPSINDO, an academic journal that centered in social studies i.e social education (curriculum, teaching, instructional media, and evaluation), moral education, and multicultural education. We are interested in scholarship that crosses disciplinary lines and speaks to readers from a range of ...