Tujuan penelitian adalah megetahui pengaruh model pembelajaran Role Playing berbantuan video edukasi terhadap kreativitas dan penerapan konsep IPA. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian non-equivalent pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 1 Tabanan tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 392 orang dan terbagi dalam 12 kelas, dari 12 kelas diambil 3 kelas sebagai sampel dengan teknik simple random sampling sehingga diperoleh 1 kelas eksperimen yang belajar dengan Model Pembelajaran Role playing berbantuan video edukasi (A1), 1 kelas eksperimen yang belajar dengan Model pembelajaran Role playing tanpa video edukasi (A2) dan 1 kelas kontrol yang belajar dengan Direct Instruction (A3). Pengumpulan data menggunakan Instrumen berupa tes kreativitas dan tes penerapan konsep IPA. Data dianalisis dengan menggunakan uji MANOVA satu jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama terdapat perbedaan yang signifikan kreativitas dan penerapan konsep antara kelompok A1, A2 dan A3 (p
Copyrights © 2017