Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia
Vol 7, No 2 (2017)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING BERBANTUAN VIDEO EDUKASI TERHADAP KREATIVITAS DAN PENERAPAN KONSEP IPA SMP

I GST AGUNG AYU NOVA DWI MARHAENI . (Unknown)
PROF. DR. I B. PUTU ARNYANA, M.Si. . (Unknown)
PROF. DR. I WAYAN SADIA, M.Pd . (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Sep 2019

Abstract

Tujuan penelitian adalah megetahui pengaruh model pembelajaran Role Playing berbantuan video edukasi terhadap kreativitas dan penerapan konsep IPA. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian non-equivalent pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 1 Tabanan tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 392 orang dan terbagi dalam 12 kelas, dari 12 kelas diambil 3 kelas sebagai sampel dengan teknik simple random sampling sehingga diperoleh 1 kelas eksperimen yang belajar dengan Model Pembelajaran Role playing berbantuan video edukasi (A1), 1 kelas eksperimen yang belajar dengan Model pembelajaran Role playing tanpa video edukasi (A2) dan 1 kelas kontrol yang belajar dengan Direct Instruction (A3). Pengumpulan data menggunakan Instrumen berupa tes kreativitas dan tes penerapan konsep IPA. Data dianalisis dengan menggunakan uji MANOVA satu jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama terdapat perbedaan yang signifikan kreativitas dan penerapan konsep antara kelompok A1, A2 dan A3 (p

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jurnal_ipa

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Science Education. ...