Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan dan menganalisis peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan mutu pembelajaran; serta 2) mendeskripsikan dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dan jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif,  Penelitian ini menemukan bahwa peran kepala sekolah sebagai supervisor akademik dalam membina karakter siswa dilakukan melalui: (1) pengembangan silabus/indikator, (2) pengembangan RPP/materi pembelajaran, (3) peningkatan penguasaan metode pembelajaran, (4) peningkatan penguasaan model-model pembelajaran, (5) peningkatan penguasaan system penilaian hasil belajar, (6) pelaksanaan pembelajaran, dan (7) BK/pengembangan diri. Faktor pendukung dan penghambat peran kepala sekolah sebagai supervisor akademik dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SD Negeri Abeli Sawah yaitu: (1) faktor pendukung yaitu kesiapan guru dan terciptanya hubungan baik antara kepala sekolah dan guru, (2) faktor penghambat yaitu beberapa guru belum siap untuk di supervisi, dan kesibukan kepala sekolah.Kata Kunci: Peran Kepala Sekolah; Supervisor Akademik;  Mutu Pembelajaran
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019