Jurnal Wahana Kajian Pendidikan IPS
Vol 3, No 2 (2019): Terbit 2 kali dalam setahun

PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SDN ABELISAWAH

Saripudin, Saripudin (Unknown)
Barlian, Barlian (Unknown)
Hindaryatiningsih, Nanik (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan dan menganalisis peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan mutu pembelajaran; serta 2) mendeskripsikan dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dan jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif,  Penelitian ini menemukan bahwa peran kepala sekolah sebagai supervisor akademik dalam membina karakter siswa dilakukan melalui: (1) pengembangan silabus/indikator, (2) pengembangan RPP/materi pembelajaran, (3) peningkatan penguasaan metode pembelajaran, (4) peningkatan penguasaan model-model pembelajaran, (5) peningkatan penguasaan system penilaian hasil belajar, (6) pelaksanaan pembelajaran, dan (7) BK/pengembangan diri. Faktor pendukung dan penghambat peran kepala sekolah sebagai supervisor akademik dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SD Negeri Abeli Sawah yaitu: (1) faktor pendukung yaitu kesiapan guru dan terciptanya hubungan baik antara kepala sekolah dan guru, (2) faktor penghambat yaitu beberapa guru belum siap untuk di supervisi, dan kesibukan kepala sekolah.Kata Kunci: Peran Kepala Sekolah; Supervisor Akademik;  Mutu Pembelajaran

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JWKP-IPS

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Wahana Kajian Pendidikan IPS adalah jurnal yang memuat hasil penelitian ilmiah yang memiliki nuansa akademik yang inovatif dalam bidang kajian pendidikan IPS. ...