JUPITER (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro)
Vol 4, No 2 (2019)

Efektivitas Project based Learning pada Mata Kuliah Praktek Instalasi Listrik Industri

Oriza Candra (Universitas Negeri Padang)
Elfizon Elfizon (Universitas Negeri Padang)
Syaiful Islami (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) pada Mata Kuliah Praktek Instalasi Listrik Industri di Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Jenis Penelitian ini adalah Quasy Experimental, subyek penelitian adalah mahasiswa Prodi Teknik Elektro Industri (D4) Jurusan Teknik Elektro FT UNP Tahun Masuk 2013. Dimana terdiri dari 2 Grup Praktek yang masing-masing berjumlah 16 orang. Instrumen yang digunakan adalah langkah dalam kinerja dan hasil produk. Hasil yang diperoleh nilai rata-rata kinerja 82,3, sedangkan pada hasil penilaian produk diperoleh nilai rata-rata 88,75. Dari pencapaian hasil pembelajaran mahasiswa dengan penerapan pembelajaran berbasis proyek dalam kategori tinggi (45%), dan sangat tinggi (55%), Sehingga disimpulkan penerapan pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) efektif untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JUPITER

Publisher

Subject

Education Engineering Other

Description

Focus and scope of the journal: Electronic Engineering Education Media Development and Learning Models of Electronic Engineering Education Evaluation and Assessment of Electronic Engineering Education Electronic Engineering Electromagnetic Field Robotic ...