Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa dikarenakan model pembelajaran yang diajarkan oleh guru kurang bervariasi sehingga siswa menjadi pasif, selain itu dalam kegiatan pembelajaran kurang disertakan media pembelajaran yang membuat siswa tidak aktif dan bersemangat dalam belajar. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre Experimental Design dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Berdasarkan hasil analisis data penelitian sebelum diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran CTL berbantu media piece paper sebanyak 60% siswa mencapai ketuntasan belajar klasikal, sedangkan setelah diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran CTL berbantu piece paper sebanyak 85% siswa mencapai ketuntasan belajar klasikal. Perhitungan nilai hasil belajar pretest dan posttest terdapat berbedaan, pada nilai rata-rata posttest lebih besar dari pada pretest yaitu 8158,6. Selisih nilai rata-rata pretest dan posttest adalah 22,4. Hal ini terbukti pada analisis akhir dengan menggunakan uji t diketahui hasil lebih besar dari yaitu 5,5442,039 pada taraf signifikan 5%. Kesimpulannya bahwa model pembelajaran CTL berbantu media piece paper efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pecahan SD Negeri 3 Pladen Kudus. Kata Kunci : Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), Media Piece Paper, Hasil Belajar, Pecahan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017