Dinamika Pendidikan
Vol 22, No 2 (2017): Vol 22, No 2, November 2017

ANALISIS POSISI VARIABEL KEMAMPUAN DALAM PENELITIAN-PENELITIAN PERILAKU ORGANISASI PENDIDIKAN

Hanifa Intan Desiga (Unknown)
Cepi Safruddin Abdul Jabar (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 May 2018

Abstract

Berbicara tentang kemampuan individu di sekolah, ada baiknya kita berbicara tentang definisi kemampuan menurut beberapa ahli. Jason, Jeffery dan Michael (2015), mendefinisikan kemampuan sebagai fungsi dari gen dan lingkungan, dan takaran seseorang untuk melakukan suatu kegiatan tergantung pada sifat kemampuan. Sedangkan Stephen P. Robbins dan Timothy (2013) membatasi kemampuan sebagai kapasitas individu untuk melakukan berbagai tugas dalam suatu pekerjaan. Sehingga kemampuan seseorang dalam melakukan kegiatan relatif stabil berbeda dengan skill  atau ketrampilan yang dapat ditingkatkan dari waktu ke waktu dengan pelatihan dan pengalaman. Pendapat yang hampir senada dengan Jason, Jeggery, dan Michael dinyatakan oleh Mc Shane dan Von Glinow (2010) bahwa kemampuan mencakup bakat alam yang erat kaitannya dengan kompetensi. Kompetensi merupakan karakteristik individu dalam melakukan suatu kinerja yang unggul. Karakteristik bersifat pribadi seperti pengetahuan, bakat, kepribadian, konsep, dll). Dengan kata lain, dari ketiga rujukan di atas, kemampuan bisa didefinisikan sebagai takaran kompetensi seseorang karena kemampuan fisik dan atau karena lingkungannya untuk melakukan suatu aktivitas.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

dinamika-pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Dinamika Pendidikan (DP) is a high quality open access peer reviewed research journal that is published by Faculty on Education, Yogyakarta State University (FIP - UNY). DP provides a platform for the researchers, academicians, professional, practitioners and students on educational research that ...