Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 7 No 3 (2019)

Model Pembelajaran Means-Ends Analysis Terhadap Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa

Seniasih, Ni Ketut (Unknown)
Andinasari, Andinasari (Unknown)
Marhamah, Marhamah (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan representasi matematis melalui model pembelajaran Means-Ends Analysis siswa kelas VII. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yakni apakah ada peningkatan kemampuan representasi matematis melalui model pembelajaran Means-Ends Analysis pokok bahasan operasi pada pecahan siswa kelas VII. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Lalan dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VII yang berjumlah 32 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-experimental dengan desain pembelajaran The One-Group Pretest-Postest Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu Pretest dan Posttest. Data dianalisis dengan menggunakan uji gain ternormalisasi (N-Gain). Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan kemampuan representasi matematis siswa melalui model pembelajaran Means-Ends Analysis dengan indeks N-Gain diperoleh 0,79 dan termasuk dalam kriteria tinggi.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

union

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is a peer-reviewed open access journal published three times in a year (March, July, and November). Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika provides a forum for lecturers, academicians, researchers, practitioners, and students to deliver and share ...