Journal of Teaching and Learning Physics
Vol 3, No 1 (2018): Journal of Teaching and Learning Physics (Februari 2018)

MENGANALISIS HUBUNGAN RODA-RODA MENGGUNAKAN APLIKASI TRACKER

Resy Fauziah Ratna Nurzaman (Pendidikan Fisika UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Sri Rizki Nurhayati (Pendidikan Fisika UIN Sunan Gunung Djati)
Muhammad Rifki Alfiansyah (Pendidikan Fisika UIN Sunan Gunung Djati)
Ea Cahya Septia Mahen (Pendidikan Fisika UIN Sunan Gunung Djati)
Dedi Kuntadi (Pendidikan Fisika UIN Sunan Gunung Djati)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2018

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak peristiwa Gerak Melingkar Beraturan yang dapat kita temui. Dalam penelitian ini, kami mencoba untuk membuat alat peraga sederhana yang terkait dengan hubungan roda-roda dari alat dan bahan yang dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah membuktikan hubungan roda-roda menggunakan aplikasi tracker. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan membuat alat peraga sederhana yang dianalisis melalui video menggunakan aplikasi tracker. Hasil analisis menunjukkan bahwa roda-roda yang dihubungkan dengan tali memiliki kecepatan linear yang sama, akan tetapi untuk roda-roda sepusat kecepatan angularnya berbeda. Hasil penelitian ini dapat dikembangkan dengan menggunakan alat dan bahan yang lebih baik dari yang kami gunakan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jtlp

Publisher

Subject

Education Physics

Description

JoTaLP: Journal of Teaching and Learning Physics is a peer-reviewed journal on Physics Education field and intended to communicate original research and current issues on the subject. This journal is published by Departement of Physics Education Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati ...