Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
Vol 4, No 3 (2019): Volume 4 Nomor 3, Agustus 2019

Pengembangan Materi Ajar Bahasa Inggris Berbasis Project Based Learning untuk Siswa Jurusan Usaha Perjalanan Wisata

Istina Atul Makrifah (Unu blitar)
Widiarini Widiarini (Universitas Nahdlatul Ulama Blitar)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2019

Abstract

Penelitian bertujuan mengembangkan materi ajar Bahasa Inggris berbasis Project based Learning untuk siswa SMK Jurusan Usaha Perjalanan Wisata kelas X. Hal ini didasari oleh kenyataan bahwa materi yang ada di buku ajar Bahasa Inggris belum mencakup kompetensi jurusan. Project based Learning dipilih untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam penguasaan Bahasa Inggris dalam bentuk-bentuk projek kreatif. Untuk merancang materi ajar yang sesuai, terlebih dahulu peneliti melakukan analisis materi pada buku ajar yang digunakan. Peneliti juga memberikan angket kepada guru dan siswa untuk melihat persepsi mereka tentang materi pada buku. Selanjutnya, data akan dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif. Dari data yang diperoleh, materi yang dikembangkan meliputi 4 kemampuan dasar Bahasa Inggris yaitu listening, speaking, reading dan speaking dengan 4 tema khusus kepariwisataan yaitu akomodasi dan transportasi, tempat pariwisata lokal di Kabupaten dan Kota Blitar, food dan handicraft. Keabsahan materi diperoleh dari observasi lapangan yang dilakukan peneliti dan kemudian disinkronkan dengan kurikulum yang digunakan. Dengan penekanan materi ajar Bahasa Inggris berbasis Project based Learning, siswa Jurusan Usaha Perjalanan Wisata dapat secara aktif dan kreatif mengembangkan kompetensi khusus dan membantu meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris secara aktif.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

BRILIANT

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Education

Description

BRILIANT : Jurnal Riset dan Konseptual published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Published four times a year in print and online. Journals are published every three months, in February, May, August and November. The article topics contained in this journal are the results of research and ...