Management Analysis Journal
Vol 7 No 1 (2018): Management Analysis Journal

Pengaruh Orientasi Pasar dan Kewirausahaan terhadap Kinerja Pemasaran melalui Kapabilitas Pemasaran pada UMKM Lanting di Kecamatan Kuwarasan Kabupaten Kebumen

Hidayat, Sarif (Unknown)
Murwatiningsih, Murwatiningsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 May 2018

Abstract

Kinerja pemasaran merupakan bagian yang penting dari Usaha Mikro dan Kecil, dengan kinerja pemasaran yang optimal maka perusahaan akan mampu bertahan dalam persaingan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran melalui kapabilitas pemasaran pada UMKM Lanting di Kecamatan Kuwarasan Kabupaten Kebumen. Populasi pada penelitian ini adalah pelaku UMKM Lanting di Kecamatan Kuwarasan Kabupaten Kebumen. Jumlah responden sebanyak 115 orang. Analisis data menggunakan Path Analysis dengan program SPSS Versi-21. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kapabilitas pemasaran mampu memediasi hubungan antara orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran. Saran untuk UMKM Lanting di Kecamatan Kuwarasan Kabupaten Kebumen agar meningkatkan orientasi kewirausahaan terutama pada inovasi baik inovasi produk maupun promosi dan meningkatkan kapabilitas pemasaran yang dimiliki untuk meningkatkan kinerja pemasaran salah satunya dengan mengikuti pelatihan yang diadakan oleh Dinas UMKM.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

maj

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Management Analysis Journal (MAJ) is an open-access electronic journal focusing on scientific work on the field of business. This journal applies the theory developed from business research and connects it to actual business situations. The articles within this journal are published quarterly ...