Jurnal Fisika FLUX
Vol 14, No 2 (2017): Jurnal Fisika Flux: Jurnal Ilmiah Fisika FMIPA Universitas Lambung Mangkurat

Penerapan Model Predict Observe Explain Dengan Pendekatan Learning By Doing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Reni Herniati (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang)
Emi Sulistri (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang)
Haris Rosdianto (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkategorikan peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Predict Observe Explain dengan pendekatan Learning by Doing pada materi wujud zat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan bentuk pre-eksperiment design dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di salah satu MTs. di kota Singkawang dengan teknik pengambilan sampel berupa teknik sampling jenuh. Peningkatan hasil belajar siswa diukur menggunakan alat ukur tes berupa 12 soal pilihan ganda tentang hasil belajar yang sebelumnya telah diujicobakan dengan reliabilitas 0,42 berada pada kategori cukup. Peningkatan hasil belajar siswa yang dianalisis dengan N-gain sebesar 0,75 berada pada kategori tinggi.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

f

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education Materials Science & Nanotechnology Physics

Description

Jurnal Fisika FLUX is a peer-reviewed, open access journal that publishes original research articles, review articles, as well as short communication in all areas of physics including applied physics, which includes: physics instrumentation and computation, biophysics, geophysics, physics materials, ...