SAINTIFIK@ : Jurnal Pendidikan MIPA
Vol 4, No 2 (2019): EDISI OKTOBER 2019

Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan menggunakan pendekatan Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Kota Tidore pada Materi Gerak

Masrita Dewi (Mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika FKIP Unkhair)
Hj. Mardiah Hi. Rahman (Dosen Prodi Pendidikan Fisika FKIP Unkhair)
Nurdin A. Rahman (Dosen Prodi Pendidikan Fisika FKIP Unkhair)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan menggunakan pendekatan Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Kota Tidore pada konsep Gerak 2). Berapa besar pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan menggunakan pendekatan Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Kota Tidore. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Kota Tidore yang berjumlah 64 siswa yang tersebar dalam 3 kelas dan sampel dalam penelitian ini adalah sebagian dari populasi yaitu 22 siswa kelas VIIIC dengan tehnik pengambilan sampelnya dengan cara simple random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mendapatkan data dalam penelitian ini adalah Soal tes,dan angket respon siswa. Bentuk soal tes yang digunakan berupa esai dengan jumlah soal 8 item dengan skor total 66. Data hasil penelitian dianalisis dengan uji statistik yaitu uji regresi linear sederhana. Data hasil perhitungan diperoleh thit = 6,24 dan ttab = 2,08 dengan dk = 20 dan taraf signifikan 0,05. Sehingga data hasil perhitungan menunjukan bahwa thit> ttab atau 6,24 > 2,08 dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Contextual Teaching and Learning dapat mempengaruhi hasil belajar  siswa pada materi gerak. Hal ini  ditunjukan bahwa terdapat pengaruh model Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi gerak dengan koefesien penentu sebesar 65 %. Kata Kunci: contextual teaching and learning, hasil belajar siswa, gerak. 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Saintifik

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JURNAL ini memuat tentang topik-topik bidang ilmu MIPA dan pembelajarannya, bagi dosen yang akan diterbitkan sesuai kajian akademik. RUANG LINGKUP JURNAL INI ADALAH AKAN MENERBITKAN TOPIK SEBAGAi BERIKUT: 1. Bidan Matematika dan Pembelajarannya 2. Bidang Fisika dan Pembelajarannya 3. Bidang Biologi ...