SAINTIFIK@ : Jurnal Pendidikan MIPA
Vol 3, No 1 (2018): Edisi Maret 2018

KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 5 KOTA TERNATE

Nurma Angkotasan (Dosen Prodi Pendidikan Matematika FKIP Unkhair)



Article Info

Publish Date
21 May 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan  keefektifan model Problem-Based Learning ditinjau dari kemampuan berpikir reflektif matematis  pada siswa SMA Negeri 5 Kota  Ternate. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu, yang terdiri dari satu kelompok  eksperimen. Adapun sampel yang diperoleh yaitu siswa kelas XII IPA1 SMA N 5 Kota Ternate. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes yang terdiri atas soal tes kemampuan  berpikir reflektif matematis. Untuk mengetahui keefektifan model Problem-Based Learningpada variabel  kemampuan berpikir reflektif matematis digunakan uji one samples t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Problem-Based Learningefektif ditinjau dari kemampuan berpikir reflektif matematis siswa. Kata kunci:  Model Problem-Based Learning, kemampuan berpikir reflektif  matematis.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Saintifik

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JURNAL ini memuat tentang topik-topik bidang ilmu MIPA dan pembelajarannya, bagi dosen yang akan diterbitkan sesuai kajian akademik. RUANG LINGKUP JURNAL INI ADALAH AKAN MENERBITKAN TOPIK SEBAGAi BERIKUT: 1. Bidan Matematika dan Pembelajarannya 2. Bidang Fisika dan Pembelajarannya 3. Bidang Biologi ...