el-Ibtidaiy: Journal of Primary Education
Vol 2, No 1 (2019): el-Ibtidaiy

PENERAPAN STRATEGI HEMBUSAN ANGIN KENCANG UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 20 PEKANBARU

Windy Anggraini (Uin Suska Riau University)
Nurhasanah Bakhtiar (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V Sekolah Dasar Negeri 20 Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa yang terlihat pada proses pembelajaran berlangsung siswa kurang memperhatikan keterangan guru dan tidak mau bertanya.Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 20 Pekanbaru. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Strategi hembusan angin kencang untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus 2 kali pertemuan. Pengumpulan data dengan observasi dan dokumentasi. Aktivitas guru, aktivitas siswa dan motivasi belajar siswa dianalisis dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rumus yaitu: P =   X 100%.Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa strategi hembusan angin kencang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat sebelum tindakan motivasi belajar siswa mencapai 61%. Setelah dilakukan tindakan pada Siklus I motivasi belajar siswa sebesar 70%. Sedangkan pada siklus II motivasi belajar siswa meningkat menjadi 82,75%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi hembusan angin kencang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V Sekolah Dasar Negeri 20 Pekanbaru. Kata Kunci: Strategi, Hembusan Angin Kencang, Motivasi Belajar Siswa

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

elibtidaiy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Physics Social Sciences

Description

el-Ibtidaiy : Journal of Primary Education (e-ISSN 2615-6121/p-ISSN 2620-3251) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jurnal ini terbit dua kali dalam satu tahun yakni pada bulan April dan ...