Indonesian Journal of Islamic Educational Management
Vol 2, No 1 (2019): IJIEM

Sifat Empati Pemimpin Terhadap Bawahan Sebagai Kunci Keberhasihan Kepemimpinan Dalam Sistem Manajemen Pendidikan Islam

Sohiron Sohiron (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Ahmad Syukri (Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Jambi)
Kasful Anwar US (Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Jambi)



Article Info

Publish Date
21 May 2019

Abstract

Kepemimpinan merupakan inti dari manajemen pendidikan Islam. Pemimpin sebagai penggerak staf yang ada di dalam organisasi membutuhkan kompetensi yang mumpuni. Salah satu kompetensi yang harus dimiliki adalah kompetensi sosial yang dicerminkan dari sifat empati pimpinan terhadap bawahan dalam melaksanakan fungsi kepemimpinannya. Sifat empati seorang pemimpin tercermin pada sifat pimpinan yang: 1). mendengarkan pembicaraan bawahan dengan baik, artinya individu mampu memberi perhatian dan menjadi pendengar yang baik dari segala permasalahan yang di ungkapkan bawahan kepadanya; 2). menerima sudut pandang bawahan, artinya pimpinan mampu memandang permasalahan dari titik pandang bawahan sehingga pemimpin memiliki sifat toleransi dan menerima perbedaan; 3). peka terhadap perasaan bawahan, artinya pimpinan mampu membaca perasaan bawahan dari isyarat verbal dan non verbal seperti nada bicara, ekspresi wajah, gerak-gerik dan bahasa tubuh lainnya. Teori yang mendasari seorang pemimpin dalam menerapkan konsep empati dalam kepemimpinan adalah  kepemimpinan sifat (trait theory), teori kepemimpinan situasi, dan teori kelompok.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

IJIEM

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun, yaitu Bulan April dan November. Jurnal ini diterbitkan untuk dimanfaatkan sebagai sumber pengetahuan dan rujukan bagi semua yang berprofesi di bidang Administrasi Pendidikan (Manajemen ...